Penginapan Murah di Yogyakarta

 5 Kawasan Penginapan Murah di Yogyakarta

1. Prawirotaman

Prawirotaman merupakan sebuah kampung yang memiliki sederet penginapan terjangkau. Lokasinya sekitar 5 km dari pusat Kota Yogyakarta. Kawasan ini juga sering disebut dengan Kampung Internasional.

Penginapan di kawasan ini cukup bervariatif. Anda bisa menyewa kamar mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 300.000. Tentu saja, masing-masing kamar memiliki fasilitas yang berbeda.

Salah satunya yang cukup terkenal adalah House 24 Jogja. Penginapan yang terbilang cukup nyaman ini bisa Anda jadikan sebagai tempat beristirahat dengan rata-rata harga kamar sebesar Rp 80.000 hingga Rp 100.000 saja.

Selain itu, di sepanjangn jalan juga berjejer cafe, toko buku, pasar tradisional, art shop, dan sebuah batu tulis yang tentunya bisa menjadi alternatif wisata.

2. Sosrowijayan

Kampung turis Sosrowijayan merupakan kawasan penginapan terkenal kedua setelah Prawirotaman. Letaknya berada persis di pusat Kota Yogyakarta, sekitar 200 meter dari Stasiun Tugu ke arah Malioboro

Kampung ini menjadi dua bagian, Sosrowijayan Kulon dan Sosrowiyajan Wetan yang menjadi kawasan penginapan murah. Harga dan fasilitas penginapan juga tidak berbeda jauh dengan Kampung Prawirotaman. Harganya juga cukup terjangkau. Anda bisa menemukan penginapan dengan harga mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 150.000 per malamnya.

Asyiknya, kampung ini memberikan akses yang sangat mudah ke tempat surga belanja di Yogyakarta, yaitu Malioboro. Di sepanjang jalan juga berderet sentra pembuatan bakpia pathuk, toko oleh-oleh, dan tempat kursus batik.

3. Sosrokusuman

Kawasan ini merupakan perpaduan dari kawasan kampung yang bersebelahan dengan nuansa kota metropolitan. Letaknya persis bersebelahan dengan Mal Malioboro.

Masuk ke kampung dengan banyak penginapan ini Anda akan disambut dengan gapura sederhana yang bertuliskan Sosrokusuman. Penginapannya juga sangat nyaman dengan harga terjangkau. Banyak penginapan yang tidak lebih dari Rp 100.000 per malam.

Sama seperti kampung turis sebelumnya, di sepanjang jalan Anda bisa dengan mudah menemukan kios-kios makanan dan oleh-oleh. Uniknya lagi kampung ini hampir dipenuhi dengan seni mural yang pastinya memeri suasana yang berbeda.

Jika Anda bingung dengan letak ketiga kampung turis tersebut, Anda bisa menggunakan jasa pengayuh becak. selain bisa bersantai menikmati suasana kota dan harganya yang terjangkau, para pengayuh becak biasanya bercerita tentang sejarah yang dilewatinya.

Akan tetapi, ada beberapa oknum pengayuh becak yang memberikan tarif sangat murah, namun memaksa Anda harus membeli cendera mata di sebuah toko. Berhati-hati dan cermat memilih adalah kunci agar terhindar dari sikap curang oknum tersebut.

4. Kawasan Keraton

Jalan-jalan ke Kota Yogyakarta sepertinya tidak lengkap jika belum mengunjungi Keraton atau Alun-alun. Nah, di sekitar kawasan tersebut ternyata juga terdapat penginapan murah, seperti Hotel Puspita dan Pondok71.

Hotel Puspita berada di Jalan Mayjend Sutoyo No 64 dan Pondok71 berada di Jalan MT Haryono, Pugeran. Keduanya berdekatan dengan Keraton dan Alun-alun Yogyakarta. Untuk kamar dengan fasilitas kipas angin dan tempat tidur untuk 2 orang, per malamnya Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 80.000. Untuk fasilitas lainnya bisa juga Anda dapatkan, tapi tentu saja harga yang ditawarkan pasti jauh lebih mahal.

5. Kawasan Lainnya

Di luar 4 kawasan penginapan tadi, ada juga sejumlah kawasan lain. Bagi Anda yang datang dengan pesawat terbang, di dekat Bandar Udara Internasional Adisutjipto juga terdapat beberapa penginapan yang memiliki harga terjangkau. Ada dua penginapan yang sudah cukup terkenal, yaitu House 140 dan Wisma Martha.

Di dua penginapan dengan bagunan berkonsep modern minimalis ini, Anda bisa menyewa kamar dengan harga mulai dari Rp 70.000 hingga Rp 350.000 per malamnya. Berbagai fasilitas juga ditawarkan, seperti AC dan TV.

Bagi Anda yang mengunjungi Yogyakarta dengan menggunakan bus, tidak jauh dari Terminal Giwangan terdapat sebuah hotel yang memiliki fasilitas lengkap dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Hotel Santoso. Harga per malamnya mulai dari Rp 90.000 hingga Rp 190.000 untuk kamar dengan fasilitas AC, TV, dan air hangat.

 

sumber : http://travel.detik.com/read/2012/05/31/093032/1929049/1025/5-kawasan-hotel-murah-di-yogyakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: